Seri Tutorial WordPress : Upgrade WordPress


Artikel ini adalah seri tutorial terakhir dari wordpress, dan bukan berarti artikel tentang wordpress akan berakhir sampai disini. Dilain kesempatan saya masih tulis tentang wordpress, tapi bukan dalam bentuk seri tutorial lagi. Di akhir tutorial ini saya akan menjelaskan langkah-langkah bagaiman cara melakukan upgrade wordpress dari versi sebelumnya ke versi yang baru dengan aman.

Berikut langkah-langkah upgrade wordpress:

  1. Membackup database dan tabel beserta isinya (untuk cara membackup database baca artikel Cara Export dan Import Database di Cpanel Hosting). Selain database file .htaccess juga perlu di backup.

  2. Menon altifkan semua plugin yang ada di website melalui halaman Administrator – Plugin Management, dengan meng klik tombol “Deactive All Plugin“. Kita perlu mengaktifkan semua plugin karena kadang plugin yang ada diversi lama tidak dapat bekerja di wordpres versi yang baru, sehingga untuk menghindari kerusakan dalam proses updrade lebih baik di non aktifkan semua terlebih dahulu.

    Deactive plugin

  3. Mengganti semua file yang lama dengan wordpress versi terbaru kecuali direktori image dan theme untuk tidak diganti dan dihapus.

  4. Menjalankan script Upgrade, yang ada di alamat URL http://namadomain.com/wp-admin/upgrade.php, kemudian ikuti perintah yang ditampilkan dalam browser.

  5. Mengaktifkan kembali semua plugin satu per satu dan memeriksa apakah plugin tersebut bekerja atau tidak, jika tidak bekerja non aktifkan kembali. Jika kita masih berkeinginan menggunakan plugin tersebut, kita harus melihat web dari plugin tersebut mungkin ada versi terbaru yang sudah mendukung wordpress versi terbaru. Jika ada versi terbaru, kita harus menggunakan versi terbaru, jika belum ada, kita tidak boleh memaksakan versi lama untuk dipakai.

Info By : Gembong

About willyfavindy

Aku seorang yang sangat menggemari teknologi komputer dan mengikuti perkembangan zaman di saat ini

Posted on Mei 26, 2008, in Seri Tutorial Wordpress : Upgrade Wordpress, Tips dan trik. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: