Membangun Komunitas dengan Community Builder untuk Joomla 1.0.x


slametr_cb14.jpg

Membangun komunitas yang diintegrasikan ke dalam sistem Joomla sangatlah mudah. Beberapa pengembang pihak ketiga (3d party) telah menyiapkan berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan, mulai dari security, form, community, e-commerce, multimedia, avatar, dan masih banyak lagi.

Umumnya, ketika ingin membuat sebuah fitur seperti komunitas diperlukan file instalasi yang terdiri dari Component, Plugin, dan Module. Jadi satu paket fitur komunitas terdiri dari beberapa file. Untuk itu, sangat perlu memperhatkan kebutuhannya agar fasilitas yang disediakan lengkap dan mudah digunakan. Untuk mendownload file yang dibutuhkan, silakan mengunjungi situs resmi Joomla (http://extentions.joomla.org). Anda juga dapat mendownload file tersebus di sini (Download)

Berikut ini, saya sajikan beberapa teknik untuk membuat sebuah komunitas yang diintegrasikan dengan sistem Joomla 1.0.x. Pengalaman yang pernah saya alami, beberapa kali mengintegrasikan Community Builder menggunakan Joomla 1.5.x sering terjadi “error” ketika membaca database yang dibutuhkan. Padahal database tersebut sudah tersedia. Terus terang sampai sekarang kurang tahu penyebabnya. Namun ketika saya integrasikan dengan versi Joomla yang lebih rendan (Joomla 1.0.x) tidak muncul masalah tersebut. OK, tidak perlu mempermasalahkan hal itu. Gunakan saja versi yang tidak menimbulkan masalah. Mungkin karena versin Joomla masih “sangat baru”, 3d party belum beradaptasi dengan baik.

TAHAP 1: KEBUTUHAN DASAR DAN INSTALASI
Beberapa file yang dibutuhkan untuk membuat fitur komunitas, pastikan telah tersedia. Sebelum mulai instalasi, usahakan menyiapkan file-file yang dibutuhkan, silakan Download file tersebut.

  1. Pertama kali pilih menu Installer > Component.

    slametr_cb21.jpg

  2. Tekan tombol Browse, lalu temukan file com_comprofiler.zip yang berada di folder community builder.

    slametr_cb31.jpg

  3. Tekan tombol Upload File & Install.

    slametr_cb41.jpg

  4. Proses instalasi berhasil.

    slametr_cb51.jpg

  5. Langkah selanjutnya, menginstal modul yang masih satu paket dengan Community Building. Pilih menu Installer > Modules.

    slametr_cb61.jpg

  6. Tekan tombol Browse, lalu cari file mod_cblogin.zip

    slametr_cb71.jpg

  7. Tekan tombol Upload File & Install.

    slametr_cb81.jpg

  8. Apabila sudah berhasil, tekan Browse untuk memilih file mod_comprofilerModerator.zip.

    slametr_cb91.jpg

  9. Tekan tombol Upload File & Install.

    slametr_cb101.jpg

  10. Terkhir, uploadfile mod_profilerOnline.zip

    slametr_cb111.jpg

  11. Untuk memeriksa Component yang telah terinstal dengan cara memilih menu Component > Community Building.

    slametr_cb121.jpg

  12. Sedangkan untuk memeriksa Module yang telah terinstal dengan cara memilih menu Module > Site Module. Secara default, Module yang baru diinstal dalam kondisi tidak dipublikasikan (bertanda x). Aktifkan Module tersebut dengan cara menekan ikon tanda silang (tanda x).

    slametr_cb131.jpg

  13. Modul CB Login berfungsi untuk Form login yang dapat berintegrasi dengan Community Builder. Sedangkan modul CB Online adalah memeriksa status anggota komunitas yang sedang online.

TAHAP 2: MENGATUR KONFIGURASI
Konfigurasi yang di sini menyangkut beberapa hal diantaranya: pengaturan untuk Registrasi, Tampilan pengguna, Profil pengguna, Gambar, Moderasi, Koneksi, dan Integrasi.

  1. Pilih menu Component > Community Builder > Configuration.

    slametr_cb42110.jpg

  2. Setelah berada di halaman Configuration, pada Tab General aturlah settingnya seperti gambar berikut.

    slametr_cb4226.jpg

  3. Pada Tab Registrasion berisi pengaturan yang berhubungan dengan registrasi seperti alamat email utama, reply, subjek, konfirmasi, informasi pending, dan dan-lain.

    slametr_cb4231.jpg

  4. Tab User List berisi pengaturan tentang jumlah anggota yang akan ditampilkan pada setiap halaman dan mengatur link atau tidak ke nama pengguna.

    slametr_cb4241.jpg

  5. Tab User Profile berisi pengaturan profil pengguna, diantaranya: apakah diijinkan mengganti username, siapa yang berhak melihat profil pengguna, minimal interval untuk menekan (hits) profil, template komunitas yang digunakan, dan lain-lain.

    slametr_cb4251.jpg

  6. Tab Images berisi informasi untuk mengatur ukuran gambar (widht dan height), ukuran thumbnail, izin untuk mengupload gambar dari PC, memilih gambar yang tersedia (gallery), dan lain-lain.

    slametr_cb4261.jpg

  7. Tab Moderation berisi informasi untuk mengatur sistem moderator menyangkut grup moderator, konfirmasi email ke moderator, izin pengguna untuk melaporkan, ijin moderator untuk mengedit profil pengguna, dan lain-lain.

    slametr_cb4271.jpg

  8. Tab Connection berisi informasi pengaturan untuk membuat jaringan (koneksi) antar pengguna. Melalui sistem koneksi tersebut, dapat dipisahkan sesuai jenis koneksi, misal: pengguna IKC, pengguna PDII-LIPI, dan pengguna Pustekkom. Ini semacam jaringan antar pengguna. Sebagai gambaran, pengguna IKC dapat mengundang (invite) pengguna lain di luar IKC.

    slametr_cb4281.jpg

  9. Tab Integration berisi informasi untuk mengatur koneksi versi terbaru (update) dari sistem komunitas yang digunakan. Pilih Manual jika tidak ingin memeriksa versi terbaru.

    slametr_cb4291.jpg

User Management
Tab ini berisi informasi pengguna, baik pengguna Front-end maupun Back-end. Informasi yang dapat ditampilkan antara lain nama pengguna, log in, group, dan lain-lain.

slametr_cb42101.jpg

Tab Management
Pengaturan pada bagian ini menyangkut tentang posisi modul yang akan ditampilkan di halaman utama. Posisi Tab terdiri dari header, right, middle, dan tabmian. Plugin yang berwarna merah berarti perlu penambahan instalasi modul dan komponen lain. Oleh karena itu, sebelum mengaktifkan tab tersebut terlebih dulu harus menginstal plugin yang diperlukan. Untuk instalasi Simpleboard Forum akan dibahas pada bab lain dalam buku ini.

  1. Pilih menu Components > Community Builder > Tab Management.

    slametr_cb42111.jpg

  2. Baiklah, untuk mengetahui lebih jauh perlu dijelaskan beberapa fungsi masing-masing item tersebut.
    • Menu = ditampilkan di bagian atas (header). Posisinya dapat diatur, caranya: tekan link teks tersebut. Lalu aturlah pada bagian Position. Aturl pula hak akses untuk melihat menu tersebut.slametr_cb42121.jpg
    • Portrait = foto/gambar pengguna (dapat diganti sesuai keinginan. Posisi foto dapat diatur sesuai keinginan (administrator).

      slametr_cb42131.jpg

    • Article: jumlah artikel yang ditulis oleh pengguna. Posisi informasi artikel tersebut dapat pula diatur, umumnya berada di bagian bawah.
      slametr_cb42141.jpg
  3. Untuk pengaturan Tab lain, bisa anda pelajari dan mencoba sendiri.

Artikel lanjutannya . . . . .

1. Tahap 3: Field Management
2. Tahap 4: Penerapan
3. Tahap 5: Plugin Manager

About willyfavindy

Aku seorang yang sangat menggemari teknologi komputer dan mengikuti perkembangan zaman di saat ini

Posted on Mei 26, 2008, in Membangun Komunitas dengan Community Builder untuk Joom, Tips dan trik. Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. Berkunjung dan baca infonya, sukses ya.
    I Like Relationship.

  2. mana lanjutannya bos?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: