Dibalik Kedatangan Bill Gates


Bill GatesKemarin pagi saya melihat pidato Bill Gates di TV One dalam acara Presidential Lecture Featuring Chairman Microsoft Corporation. Acara yang diselenggarakan di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) ini menampilkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Bill Gates bertindak sebagai layaknya seorang Dosen yang memberikan penjelasan mengenai dunia IT (Information Technology). Walaupun acara tersebut merupakan rangkaian dari Goverment Leaders Forum (GLF) dimana Indonesia menjadi tuan rumah, saya merasa ada beberapa hal menarik yang perlu dicermati terhadap apa yang dikatakan Bill Gates mengenai IT khususnya di Indonesia.

Kedatangan Bill Gates sebagai pendiri Microsoft dan beberapa kali sebagai orang terkaya didunia memang menarik perhatian bagi sebagian besar orang Indonesia dan bagi beberapa orang mungkin merupakan suatu kebanggan tersendiri apabila dapat hadir, bertatap muka dan mendengarkan pidato Bill Gates secara langsung di JCC.

Beberapa hal yang dikatakan Bill Gates mengenai Indonesia adalah

  1. Bill Gates akan memberikan software gratis jika Indonesia mampu menurunkan harga komputer sebesar $200 per unit. (Ini dikatakan Bill Gates kepada SBY satu hari sebelum acara di JCC).
  2. Bill Gates mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar potensial dalam hal pengembangan IT.
  3. Bill Gates akan menjalin kerja sama lebih banyak dalam bidang pengembangan pendidikan di Indonesia, sampai saat ini sudah dibangun Microsoft Inovation Centre (MIC) di UI, ITB, ITS dan UGM. Pada saat ceramahnya Bill Gates mendemokan salah satu software pendidikan dengan nama “World Wide Telescope“, software tersebut berisi tentang angkasa luar. Bill gates mengatakan bahwa software-software ini dapat dikembangkan tidak hanya untuk angkasa luar namun bisa untuk bidang-bidang lain seperti bidang kedokteran, genetika, dll.

Dari beberapa hal pokok yang dikatakan Bill Gates mengenai Indonesia, tentunya Bill Gates sudah meneliti atau survey terlebih dahulu terhadap perkembangan IT atau pengguna Internet di Indonesia sehingga Bill Gates mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial untuk pengembangan IT, hal ini berarti bahwa Bill Gates akan menjadikan Indonesia sebagai target negara konsumennya Microsoft.

Opini saya kemudian berkembang terhadap pernyataan Bill Gates yang lain bahwa Bill Gates akan mengembangkan kerjasama dibidang pendidikan khususnya dengan Perguruan Tinggi di Indonesia hal ini berarti bahwa orang-orang pinter di Indonesia khususnya orang-orang perguruan tinggi akan mempunyai ketergantungan terhadap software-software buatan Microsoft dan kemungkinan kedepan tentunya orang-orang pinter di Indonesia akan banyak bekerja di Microsoft, dengan demikian software buatan Microsoft akan tetap bertahan di Indonesia.

Dari beberapa opini diatas saya mempunyai pendapat bahwa kedatangan Bill Gates ke Indonesia merupakan strategi marketing yang luar biasa untuk menguasai suatu negara sebagai konsumennya Microsoft. Jika Microsoft menguasai pendidikan di Indonesia akan sangat sulit membuat orang-orang Indonesia menjadi seorang produsen software yang terkenal seperti Bill Gates.

Bagaimana menurut pendapat Anda mengenai kedatangan Bill Gates di Indonesia?

About willyfavindy

Aku seorang yang sangat menggemari teknologi komputer dan mengikuti perkembangan zaman di saat ini

Posted on Mei 26, 2008, in Berita Terkini. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: